Sejarah Patung Liberty Secara Lengkap - Kakuda History

Sejarah Patung Liberty Secara Lengkap

Sejarah Patung Liberty Secara Lengkap - Kakuda History

Kakuda History - Histori berdirinya Patung Liberty satu diantara monumen paling ikonik di Amerika Serikat. Patung ini bersifat figure wanita yg menggenggam suatu obor serta buku. Arti dari patung ini melambangkan demokrasi yg dibikin di negara yg biasa di ucapkan Paman Sam. Patung ini dibikin buat memperingati seratus tahun Deklarasi Kemerdekaan. Terdapat di Pulau Liberty di muara Sungai Hudson di New York Harbor. 

Patung ini punyai arti kalau rakyat Amerika punyai kebebasan serta demokrasi. Kebebasan berasumsi, hak bebas buat menentukan, hak bebas buat lakukan tindakan serta hak bebas buat hidup. Oleh sebab itu patung liberty begitu penting untuk penduduk Amerika Serikat lantaran patung ini begitu bersejarah untuk mereka. 

Patung ini yaitu gagasan dari kawan akrab George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. Kawan akrab George Washington bernama Edouard Rene de Laboulaye Lefebvre. Laboulaye yaitu satu orang pakar hukum serta pemikir dari Perancis. 

Berdirinya Amerika Serikat tak lepas dari andil Perancis. Saat revolusi, Perancis yg mensuplai persenjataan untuk koloni-koloni di Amerika Serikat. Persenjataan ini dimanfaatkan buat bebaskan diri dari pendudukan Kerajaan Inggris yg kala itu menjajah Amerika. 

Pada tahun 1865, berkumpulah sejumlah pembesar Amerika masa itu serta banyak cendekiawan Perancis yg menantang Rezim Napoleon III. Banyak cendekiawan Perancis mengemukakan kalau mereka memuji pembentukan negara Amerika. Dan Amerika sukses berubah menjadi negara demokratis serta bebaskan perbudakan dalam akhir perang saudara. 

Laboulaye mengemukakan dalam makam malam kecil itu suatu gagasan. Gagasan buat membuat Amerika Serikat suatu monumen buat memperingati demokrasi di Amerika Serikat serta mengharapkan Perancis bisa turut berubah menjadi negara demokratis di dunia. 

Salah satunya tamu jamuan makam malam kala itu Frédéric-Auguste Bartholdi. Bartholdi yaitu satu orang pematung kondang berusia 31 tahun. Ia datang dari Colmar, Alcase salah satunya propinsi timur di Perancis. Bartholdi tertarik dengan inspirasi Laboulaye serta membuat mendapat inspirasi. 

Perancang Patung Liberty 

Frédéric-Auguste Bartholdi di lahirkan pada tanggal 2 Agustus 1834 di Colmar. Mulainya ia berkarir jadi pelukis jalanan. Bartholdi di lahirkan dari ayah satu orang pegawai negeri sipil. Akan tetapi ayahnya wafat kala usianya baru berinjak dua tahun. Oleh maka itu Bartholdi diasuh oleh ibunya Caroline yg begitu keras. 

Kehidupan keras serta jalanan di Perancis bikin Bartholdi ringan untuk jadi figure yg kuat. Bartholdi memindah pikirannya melalui langkah melukis. Kesukaannya bakal patung berasal dari banyak patung di wilayah kelahirannya. Patung-patung itu bergaya Yunani serta Romawi tercermin baik gaun atau arsitektur dari era kuno, sampai type seni zaman 19 setelah itu diketahui jadi “neoklasik. ”. Di studionya Bartholdi bikin patung dengan tinggi 12 kaki. Studionya cuma tersisa 2 inci dari atas patungnya. 

Arah penilaian Bartholdi berganti disaat kunjungannya ke Mesir. Bartholdi berkesan dengan arsitektur Piramida serta Spinx. Pada tahun 1870 disaat perang Perancis – Rusia berlangsung. Bartholdi berubah menjadi tentara serta berpangkat Mayor di kota kelahirannya. Perang itu membuat perubahan arti kebebasan dalam ingatan Bertholdi. 

Laboulaye memohon Bartholdi buat bertandang ke Amerika Serikat buat menyaksikan keadaan di sana. Dirinya sendiri pun mengharapkan Bartholdi dapatkan buah pikiran. Laboulaye mengharapkan bisa bikin satu monumen buat mengingat pertemanan yg erat di antara Amerika Serikat serta Perancis. 

Bartholdi menjawab surat Laboulaye, “Aku bakal berusaha untuk memuliakan Republik serta Liberty disana, dengan impian kalau satu hari kelak saya bakal menemukannya di sini. ”. Dengan bekal surat dari Laboulaye. Bartholdi berkeliling-keliling Amerika buat dapatkan saran Amerika perihal gagasan pembangunannya. Bartholdi bercita-cita membuat histori berdirinya Patung Liberty di Amerika Serikat. Rancangan awal dibawah ke Amerika. Rancangan mulainya bersifat sketsa. Ajaibnya, rancangan itu diterima. 

Pengumpulan Dana 

Dana pembangunan patung yg disebut Patung Liberty ini amatlah besar. Mulainya Bartholdi mau bangun patungnya di Terusan Suez. Lantaran takjub dengan Spinx. Di Perancis Bartholdi menghimpun dana dengan bertandang ke perusahaan-perusahaan. Mengharapkan dapatkan dana walau dikit. Pemerintah Perancis lantas memberikan respon dengan menarik pajak dari sektor-sektor yg sangat mungkin. Akan tetapi awal mulanya Pemerintah Perancis malas mengongkosi lantaran merasa project ini sangat mahal. 

Di Amerika pengumpulan dana berjalan begitu lamban. Perihal ini mengakibatkan hati Joseph Pulitzer orang kaya Amerika Serikat buka kantor media pers The World. Pulitzer menulis ktitikan terhadap orang kaya lantaran malas memberikan. Pulitzer pun memakai beberapa orang kurang bisa buat menghimpun dana. 

Tulisan itu membawa hasil. Dana terkumpul cepat dari beberapa orang kaya yg tergugah buat memberikan. Cost sumbangan yg dikehendaki capai $100. 000 bisa terkumpul hingga $120. 000 masa itu. Kiat Pulitzer yaitu dengan menuliskan tiap-tiap nama yg memberikan ke dalam korannya. 

Pengerjaan Patung Liberty 

Dalam bangun Patung Liberty. Bartholdi tak sendiri. Buat menyusung rangka serta tulang penyusun patungnya. Bartholdi memohon pemberian arsitek baja kondang Alexandre Gustave Eiffel. Eiffel yaitu perancang serta pembangun menara ikonik Perancis, Menara Eiffel. 

Pada tahun 1876, lengan patung Liberty di bawa juga ke Philadelphia. Lengan yg mempunyai ukuran 9, 1 mtr. dibawa bermodalkan 50 sen. Lengan berikut ini yg bakal jadikan area. Bartholdi mengharapkan berikut ini salah satu patung yg dapat dimasuki. 

Di Amerika sendiri dilakukan project pembangunan dasar Patung Liberty. Jendral Charles. P Stone di panggil jadi pembuat dasar berdirinya Patung Liberty. Arsitek pembuat dasar yaitu satu orang desainer kondang New York, Richard Moris Hunt. Bartholdi sendiri yg menentukan area berdirinya Patung Liberty. 

Pendirian Patung Liberty 

Pada tahun 1883 Laboulaye penggagas gagasan berdirinya Patung Liberty wafat lantaran serangan jantung. 1 tahun kemudian 1884 Patung Liberty melakukan pembangunan babak akhir. Patung Liberty pada musim semi di tahun 1885 tetap masih ada di Perancis. Kala itu tengah dilaksanakan pembongkaran. 

Pada tanggal 15 Juni 1885, potongan Patung Liberty yg terdiri dalam 214 kotak kayu datang di Pulau Bedloe. Akan tetapi Patung Liberty baru dibuat pada bulan Mei 1886. Pilihannya menghabiskan waktu lebih kurang enam bulan saat pendirian. 

Pada tanggal 25 Oktober 1886, Bartholdi bersama istrinya bertandang ke Amerika Serikat buat menyaksikan hasil karyanya. Bartholdi pergi dari perancis berbarengan Viscount Ferdinand de Lesseps-Marie, Ketua Uni Franco-Amerika. Kehadiran rombongan Bartholdi diterima oleh Komite Amerika serta Joseph Pulitzer. Setibanya di pulau Bedloe tempat berdirinya Patung Liberty. Bartholdi cuma berbicara kalau cita-citanya udah terjadi. 

Pada tanggal 28 Oktober 1886, Patung Liberty dimulai buat umum. Pemerintah Amerika Serikat mengambil keputusan hari itu jadi hari libur nasional. Namuh cuma Wall Street yg tak libur kala itu. Parade tiga warna dilakukan selama kota New York. Tiga warna itu yaitu merah, putih, biru. Warna yg melambangkan bendera Perancis. Tiap-tiap anak mengikatkat pita berdasar pada warna itu serta membanjiri kota. 

Petinggi ke dua negara datang. Presiden Amerika kala itu Grover Cleveland dan kabinetnya serta gubernur New York bersama stafnya ikut datang. Moment bikin malu masa banyak keluarga kaya Amerika Serikat yg tak memberikan, datang serta berebutan bangku paling depan buat disaksikan dunia. 

Patung Liberty berubah menjadi patung paling tinggi dunia. Akan tetapi pada tahun 1899 ditundukkan oleh patung Santo Paulus di Brasil. Pada tahun 1903 dipasanglah suatu plat perunggu yg berukirkan puisi karangan Emma Lazarus – The New Colosuss yg ikut mendukung permodalan. 

Pada tahun 1916, dilaksanakan penggalangan dana serta terkumpul $30. 000 buat pengerjaan lampu sorot biar menerangi symbol pertemanan Perancis-Amerika itu. Tanggal 15 Oktober 1924 Presiden Amerika kala itu Calvin Coolidge mengambil keputusan Patung Liberty jadi monument nasional. Akan tetapi baru pada tahun 1933 National Service Park ambil alih perawatan serta perawatan Patung Liberty. Histori berdirinya Patung Liberty sebagai kebanggaan rakyat Amerika Serikat hingga sekarang ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Dari Ilmu Kedokteran Di Dunia - Kakuda History

Sejarah Singkat Ac Milan - Kakuda History

Sejarah Keris Senjata Khas Dari Indonesia - Kakuda History