Sejarah Sydney Opera House Terlengkap - Kakuda History

Sejarah Sydney Opera House Terlengkap

Sejarah Sydney Opera House Terlengkap - Kakuda History

Kakuda History - Punyai bangunan ikonik sebagai kebanggaan untuk suatu kota, pun negara. Apabila menarik turis, akan menaikkan penerimaan untuk kota serta negara itu. Australia umpamanya, yg punyai Gedung Opera yg terdapat di Sydney. Gedung itu punyai daya tarik dalam soal arsitektur serta type bangunan. Ini hari 45 tahun yang silam, pasnya pada 20 Oktober 1973, Gedung Opera Sydney atau Sydney Opera House diresmikan oleh Ratu Elizabeth II dari Inggris. Gedung Opera Sydney terdapat di Bennelong Poin. Mulainya area ini bernama Cattle Poin, suatu tanjung disamping selatan pelabuhan di timur Sydney Harbour Bridge. Lewat peresmian itu, seni pergelaran Australia bertambah berkembang. Pelbagai pergelaran selanjutnya dilaksanakan, serta bertambah perlihatkan keberadaan Gedung Opera Sydney. 

Gagasan Awal 

Pembangunan gedung ini berasal pada 1954. Kala itu Pemerintah New South Wales, Australia, miliki impian buat bikin suatu bangunan dengan daya tarik tinggi untuk penduduk. Tidak hanya itu, juga ada kepentingan bakal layanan rumah musik buat tampilan musik orkestra serta opera. Ditulis dari National Geographic, pada 1955 pemerintah mulai buka pertandingan rancangan buat suatu gedung opera yg kedepannya bakal dibikin. Hasilnya, 233 rancangan diterima yg datang dari 28 negara termasuk juga Australia, Inggris, Kenya, Jerman serta Iran. 

Pada Januari 1957, panitia penjurian memberitakan pemenangnya, ialah arsitek Denmark Jorn Utzon. Ia menang dengan rancangan yg perlihatkan kompleks dua aula khusus berdampingan menghadap ke pelabuhan di atas tribune besar. Akan tetapi, perihal ini awal mulanya berubah menjadi diskusi di kelompok juri. Tiga juri menampik rancangan Utzon. Juri ke-4, arsitek populer Amerika Serikat Eero Saarinen malahan mengemukakan rancangan Utzon begitu menakjubkan. Hebatnya, Utzon belumlah sempat mendatangi wilayah ini sebelum jadi pemenang pertandingan. Disaat itu Utzon terima hadiah sejumlah 5. 000 poundsterling atau sama dengan Rp 85 juta. 

Pembangunan mulai pada 1959 dengan 10. 000 pekerja dengan 2. 194 beton, serta 250 km. kabel baja tegang serta lebih dari satu juta genteng buat mendukung tempat itu. Ditulis dari Britannica, pembukaan Gedung Opera awal mulanya dijadwalkan pada 1963 alami pengunduran. Perihal ini disebabkan pembengkakan cost serta kesukaran perihal susunan bangunan yg menyebabkan mundurnya peresmian. Project ini berubah menjadi pro kontra serta memperoleh sindiran penduduk. Perihal ini diperberat dengan mundurnya Utzon pada 1966, yg membuat soal mejadi lebih komplek. Pembangunan selanjutnya berbuntut dibawah pengawasan Perusahaan Ove Arup and Mitra dengan tiga arsitek Sydney, Peter Hall, David Littlemore, serta Lionel Todd. 

Atap paling tinggi dari Gedung Opera Sydney capai 67 mtr. di atas batas laut, serta punyai luas 120 mtr.. Perihal yg unik dari atap Gedung Opera Sydney yg serupa kerang, dibikin dari keramik privat yg dibikin oleh perusahaan Swedia.  Selanjutnya, tiada dimonitor desainer awal, project ini diresmikan pada 1973. Harian Kompas edisi 20 Oktober 1973 memperjelas, Gedung Opera Sydney diresmikan oleh Ratu Elizabeth II ditemani Pangeran Philip. Hampir 152 juta dollar dikeluarkan buat mengongkosi bangunan yg penggarapannya dilaksanakan saat 15 tahun. 

Satu Dari Warisan Dunia 

Banyak masukan dari penduduk terhadap pemerintah biar Utzon dikembalikan dalam project ini. Mereka bahkan juga melaksanakan demo. Pada 1999, Utzon selanjutnya kembali dalam project ini. Utzon mendesain kembali sisi area penerimaan tamu, serta dibuka kembali lagi 2004 jadi Area Utzon. Atas ubahan itu, saat ini Gedung Opera Sydney punyai panorama timur Sydney Harbour serta dimanfaatkan buat resepsi, seminar, pertemuan serta pementasan musik. Saat ini Ada 1. 000 area di Gedung Opera Sydney. Kemampuan area paling besar yaitu Concert Hall yg memiliki 2. 679 tempat duduk. Mengenai yg paling kecil Utzon Room bisa menampung 210 orang. Pada 2007, Gedung Opera Sydney tersebut jadi warisan dunia, UNESCO World Heritage, lantaran bentuk bangunan serta terletak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Dari Ilmu Kedokteran Di Dunia - Kakuda History

Sejarah Singkat Ac Milan - Kakuda History

Sejarah Keris Senjata Khas Dari Indonesia - Kakuda History