Sejarah Benteng Pendem Terlengkap - Kakuda Kesehatan

Sejarah Benteng Pendem Terlengkap

Sejarah Benteng Pendem Terlengkap - Kakuda Kesehatan

Kakuda Kesehatan - Benteng Pendem dapat berubah menjadi salah satunya pilihan untuk anda yg tertarik buat wisata di Cilacap. Bukan wisata alam yg itu-itu saja, namun wisata histori yg gak cuma menaikkan pandangan, namun juga menyenangkan rasa ingin tahu. Benar kah rekam jejak yg tersebar terkait Benteng Pendem jadi wisata uji nyali? 

Bertetangga dengan penjara terketat di Indonesia 

Kabupaten Cilacap sudah kondang dengan penjara yg punyai metode keamanan paling ketat di Indonesia, bahkan juga dapat di sebut jadi salah satunya penjara yg paling kejam. Jadi gak bertanya-tanya bila wisata di Cilacap banyak disangkutpautkan dengan kekejaman serta kejahatan kelas kakap atas penjara Nusakambangan. Walaupun sebenarnya, ada banyak wisata alam yg indah serta begitu perlu disinggahi di lokasi selatan Pulau Jawa ini. 

Beri dukungan stereotip itu, Cilacap rupanya miliki sejumlah wisata histori yg dikira seram oleh banyak orang-orang. Satu diantaranya yaitu Benteng Pendem yg ada di Dusun Kebonjati. Wisata histori ini sebagai bangunan bersejarah peninggalan era penjajahan Belanda yg udah dibikin sejak mulai 1861 lalu. 

Sejumlah spot menarik lantas dapat anda dapatkan di Benteng Pendem, antara lain terowongan selama 50 mtr., sisa penjara serta tempat tahanan saat penjajahan, area senjata, tempat penyiksaan tahanan, barak prajurit, gudang, dapur, benteng pengintai, parit, serta masih banyak. Walaupun manfaat ruangan-ruangan itu di saat lampau jelas terdengar menakutkan, benteng ini saat ini udah difasilitasi jadi object wisata lantaran ada sejumlah penjual jajanan, toilet, bahkan juga perahu angsa. 

Histori Benteng Pendem Cilacap 

Sebelumnya pembangunan Benteng Pendem yaitu banyak serangan dari membajak laut menuju pantai. Disebabkan area Benteng Pendem bersisihan dengan pesisir yg saat ini diketahui jadi Pantai Wisata Teluk Penyu, Pemerintah Belanda kala itu juga bangun benteng di sana jadi tempat pertahanan dari serangan luar. 

Saat 80 tahun lebih Benteng Pendem dimanfaatkan, perang besar berlangsung. Benteng ini dikuasai oleh Jepang pada tahun 1942. Akan tetapi, ketika kekalahan Jepang lantaran bom di Hiroshima serta Nagasaki, benteng ini lantas diambil ubah oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah jadi pendaratan laut serta tempat berlatih perang banyak pejuang kemerdekaan menentang penjajah. 

Wisata di bangunan tua yg seram 

Bila dilihat-lihat, Benteng Pendem berkesan menyeramkan bukan dikarenakan bangunannya yg gak terurus. Sejumlah kehancuran yg tampak lantas sesungguhnya lantaran aspek alam, dikarenakan bersisihan dengan pantai yg membuat ringan kemasukan air pasang. Akan tetapi, benteng ini tampak menyeramkan lantaran bangunan ini udah berumur lebih dari satu zaman, dan sempat berubah menjadi penjara serta tempat penyiksaan tawanan-tawanan perang. 

Buat berliburan di Benteng Pendem lantas gak butuh merogoh kocek yg besar, lantaran hanya butuh membayar cost kala masuk ke daerah wisata Teluk Penyu sebesar IDR4. 000 per orang serta IDR5. 000 buat kendaraan pribadi. Setelah itu, HTM sebesar IDR4. 000 per orang dieknakan kembali di pintu masuk. 

Akan tetapi untuk anda yg mau rasakan wisata histori yg afdhol, ada sejumlah orang yg siap berubah menjadi tur guide buat memperjelas histori serta terperinci dari tiap-tiap segi bangunan. Walaupun mesti membayar cost sekitaran IDR50. 000, keuntungan yg diterima nyata-nyatanya seimbang kok. Tidak cuman dapat paham histori Benteng Pendem lebih jelas, anda pun rasakan semakin nyaman serta aman kala berkeliling-keliling area benteng. 

Sempat jadi area uji nyali 

Bangunan tua bersejarah memang riskan dengan narasi seram, ditambah lagi yg udah berusia satu zaman lebih. Jadi, gak bertanya-tanya bila kisah-kisah seram berkenaan keangkeran Benteng Pendem udah jadi rahasia umum yg banyak didapati orang. Bahkan juga, sejumlah titik di benteng ini sempat jadi area uji nyali sejumlah program TV seperti Mister Tukul Jalan-Jalan, Dunia Lain, serta [Masih] Dunia Lain. 

Benteng Pendem dapat jadikan tempat untuk anda yg mau mencoba nyali. Dikarenakan, sejumlah saksi mata serta pelaku spiritual sempat tangkap ada kesibukan makhluk gaib yg bergentayangan di lebih kurang benteng. Tambah lagi dengan kondisi benteng yg menegangkan, narasi mistis terkait keangkeran benteng ini lantas bertambah menyeramkan. 

Akan tetapi, anda gak butuh risau bersua dengan makhluk gaib saat berliburan, dikarenakan jam operasional Benteng Pendem tidaklah sampai malam, ialah dari 08. 00 – 18. 00 WIB. Meskipun demikian, kondisi sore saat maghrib di benteng ini saja mungkin sudahlah cukup menegangkan. 

Trik capai Benteng Pendem 

Dari Jogja, anda dapat pergi dari Jl. Wates, lalu ketujuan Jl. Daendels. Dapat pula dengan menuruti arah kota dari Purworejo, Kebumen, lalu Cilacap. Jarak perjalanan bisa ditempuh dalam kurun waktu 4 jam 30 menit terkait pada kelancaran jalan raya, dengan jarak menempuh sejauh 184 km. dari pusat kota Jogja. 

Untuk anda yg mau capai Cilacap dengan kereta api, dapat memanfaatkan kereta api Kahuripan, Pasundan, Bogowonto, Gajahwong, Ranggajati, Mutiara Selatan, Lodaya Malam, Malabar, dll. Pergi dari Stasiun Tugu ke Stasiun Kroya. Cost yg dikeluarkan sebesar IDR80. 000 – IDR190. 000 terkait kelas ticket kereta api. 

Anda lantas dapat capai Cilacap dengan memanfaatkan bus efisiensi yg pergi dari Terminal Giwangan. Cost ticket yg dikeluarkan sebesar IDR60. 000 dengan layanan air mineral. 

Benteng Pendem 


Alamat : Jl. Benteng, Cilacap Sel. , Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 
Jam membuka : 08. 00 – 18. 000 
HTM : IDR4. 000 
Jarak : 184 km dari pusat kota Jogja (Tugu Jogja) 
GPS : -7. 7492273, 109. 015081 
Wisata lain di dekat Benteng Pendem 
Berlibur di Cilacap, namun kurang bila cuman satu hari? Inilah sejumlah tempat wisata pilihan lain yg dapat anda singgahi seusai berliburan di Benteng Pendem. Silakan kita baca satu satu! 

Pantai Teluk Penyu 

Masihlah dalam daerah yg sama seperti Benteng Pendem, anda bakal menemukannya Pantai Teluk Penyu dengan pasir hitam menghampar. Pantai yg dahulunya sempat berubah menjadi tempat pengembangbiakan penyu ini satu diantara obyek wisata yg kondang di Cilacap. 

Pemandangan lautnya yg indah serta banyak aktivitas yg dapat dilaksanakan di pantai ini, bikin Pantai Teluk Penyu termasuk cukup suka buat disinggahi. Anda dapat berenang, memancing, santai, main bola, dan seterusnya. Pantai ini lantas menjadi tempat idola banyak pemancing, lantaran anda dapat memancing di laut dengan naiki perahu nelayan yg digunakan cost IDR70. 000 sampai IDR100. 000. 

Pantai Teluk Penyu miliki jarak cuma 2 km. dari pusat kota Cilacap. Buat menggapainya lantas cukup ringan, lantaran dapat digapai dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Hanya cukup membayar cost sebesar IDR5. 000 di pintu masuk, anda dapat nikmati keindahan pesona laut di pantai ini. 

Alamat : Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah 
HTM : IDR5. 000 
Jarak : 2 km dari pusat kota Cilacap 
GPS : -7. 7341657, 109. 0194932 
Pulau Nusakambangan 

Pulau Nusakambangan cukup kondang lantaran ada dalam daerah penjara Nusakambangan yg diketahui jadi salah satunya penjara paling ketat di Indonesia. Akan tetapi, siapa duga bila Pulau Nusakambangan malahan punyai pesisir pantainya yg indah? Terdapat banyak pantai-pantai cantik yg terhampar di selama pesisir pulau ini. 

Dari Pantai Teluk Penyu, anda hanya butuh melintas memanfaatkan perahu buat ketujuan Pulau Nusakambangan. Cost perahu penyeberangan sebesar IDR15. 000 saja per orang buat kemampuan sejumlah 10 orang. Perjalanan penyeberangan saat 20 menit akan tidak merasa apabila sambil menyaksikan indahnya bentangan laut serta ombak yg menggulung. Perahu bermotor yg bakal anda naiki ini lantas aman lantaran ditambahkan dengan life jacket serta dikemudikan oleh nelayan yg profesional. 

Sesampainya di Pulau Nusakambangan, anda bakal digunakan cost masuk sebesar IDR5. 000 serta mesti mendaftar nama perahu yg ditumpangi. Sesudah itu, anda dapat berkeliling-keliling di sekitaran pulau sembari dipayungi oleh rimba yg lebat. 

Walaupun anda tak dapat nikmati sunset di pulau ini, lantaran mesti kembali lagi perahu sebelum jam 17. 00, namun pengalaman liburan di pantai yg masih satu daerah dengan penjara bisa jadi pengalaman yg gak terabaikan. 

Alamat : Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah 
HTM : IDR5. 000 
Jarak : 2 km dari pusat kota Cilacap 
GPS : -7. 7318645, 108. 8464203 
Benteng Karang Bolong 

Hampir mirip dengan Benteng Pendem, di Pulau Nusakambangan lantas ada benteng tua yg menyimpan banyak misteri bernama Benteng Karang Bolong. Konon benteng ini mendapat inspirasi dari karang besar yg terdapat di Pantai Pasir Putih serta pada bagian tengah benteng ada lubang yg besar buat mengincar kapal lawan. Oleh sebab itu, benteng ini disebut Benteng Karang Bolong. 

Dalam benteng ini, anda bakal menemukannya sejumlah area seperti barak prajurit, area tahanan, bangunan pengintai, tempat meriam, gudang senjata, sumur tua, dan seterusnya. Mengingat kalau Benteng Karang Bolong bukan termasuk juga obyek wisata yg diatur oleh siapa-siapa saja, jadi jangan bertanya-tanya bila anda merasa benteng ini dalam situasi tak terurus. 

Bangunannya rusak, angker, serta banyak ditumbuhi lumut dan akar pohon di permukaan dindingnya. Buat anda yg berani bergaya di tempat ini, mungkin arsitekturnya yg udah bergabung dengan alam malahan berubah menjadi kesan-kesan yg begitu menarik jadi objek poto. Tidak hanya itu, anda pun gak butuh membayar cost operasional apa pun di benteng ini. 

Buat capai Benteng Karang Bolong, anda hanya butuh berjalan kaki saat 15 menit dari dermaga Pulau Nusakambangan. Nelayan yg membawa anda dari Pantai Teluk Penyu siap berubah menjadi tur guide anda saat berkeliling-keliling di benteng ini. 

Alamat : Pulau Nusakambangan, Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah 
Jarak : 2 km dari pusat kota Cilacap 
Pantai Karang Pandan 

Seusai bulu kuduk berdiri saat perjalanan menjajahi Benteng Karang Bolong, saat ini waktunya buat merelaksasikan otot dengan mendatangi Pantai Karang Pandan. Tempatnya masih ada dalam Pulau Nusakambangan, serta kerap pun dikatakan Pantai Pasir Putih. 

Buat capai Pantai Karang Pandan, anda mesti meniti perjalanan saat 30 menit berjalan kaki. Oleh sebab itu, anda mesti tambahan persiapan lantaran medan yg dilalui dikit curam serta yakinkan anda berjalan berbarengan seorang yg telah mengetahui wilayah sana. 

Akan tetapi, bila anda bertandang berbarengan keluarga serta bersama-sama orang-tua atau beberapa anak, gak pelru risau! Anda bisa juga naiki odong-odong, sejenis kendaraan yg diatur oleh penduduk lebih kurang buat dapat menyentuh area Pantai Karang Pandan. 

Anda pun gak butuh membayar cost masuk ke pantai ini, HTM sebesar IDR5. 000 saat kali pertama hingga ke Pulau Nusakambangan udah termasuk juga semuanya obyek wisata dalam pulau itu. 

Keindahan Pantai Karang Pandan masih alami, lantaran belumlah banyak disinggahi orang. Meskipun demikian, pantai ini udah diatur oleh pemda ditempat, sampai bikin pantai ini terus recommended buat disinggahi. 

Alamat : Pulau Nusakambangan, Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah 
Jarak : 2 km dari pusat kota Cilacap 
Itu ia sejumlah paket wisata berlibur yg dapat anda singgahi saat ada di Cilacap. Perlu diingat buat menyediakan diri serta perabotan sebaik baiknya, lantaran sejumlah lokasi di atas cukup remote serta butuh persiapan mental.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Dari Ilmu Kedokteran Di Dunia - Kakuda History

Sejarah Singkat Ac Milan - Kakuda History

Sejarah Keris Senjata Khas Dari Indonesia - Kakuda History