Sejarah Sepak Bola - Kakuda History

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola - Kakuda Biografi

Pemahaman Sepak Bola 

Kakuda History - Apakah yang dimaksud dengan sepak bola? Pemahaman sepak bola ialah satu cabang olahraga yang memakai satu bola memiliki bahan kulit/ karet serta dimainkan oleh dua team, dimana semasing team beranggotakan 11 pemain utama serta beberapa pemain cadangan. 

Ada pula yang memiliki pendapat pemahaman sepak bola ialah satu permainan yang dikerjakan lewat cara menendang bola dimana maksudnya ialah untuk menyarangkan bola itu ke gawang musuh. Satu permainan sepak bola dimenangi oleh team yang terbanyak masukkan ke musuh berdasar ketentuan permainan. 

Dalam bahasa Inggris, sepak bola disebutkan dengan Football, sedang di Amerika Serikat permainan ini disebutkan dengan Soccer. Arti “sepak bola” terbagi dalam dua kata, yakni: 

  • Sepak yang berarti menendang dengan kaki 
  • Bola yang berarti satu alat permainan yang memiliki bentuk bundar serta terbuat berbahan kulit/ karet. 

Pemahaman Sepak Bola Menurut Beberapa Pakar 

Supaya lebih mengerti apa pengertian sepak bola, karena itu kita bisa mengacu pada opini beberapa pakar di bawah ini: 

1. Agus Salim 
Menurut Agus Salim, pemahaman sepak bola ialah cabang olahraga yang mainkan bola memakai kaki dengan arah untuk menyarangkan bola itu sebanyak-banyaknya ke gawang musuh sesuai ketetapan yang sudah diputuskan awalnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau faksi lain yang berkuasa. 

2. Soekatamsi 
Menurut Soekatamsi (1994:3), pemahaman sepak bola ialah satu permainan beregu yang diperlombakan dimana semasing regu terbagi dalam 11 pemain terhitung kiper. 

3. Muhajir 
Menurut Muhajir (2007:22), pemahaman sepak bola ialah satu permainan yang dikerjakan lewat cara menyepak bola, dimana maksudnya ialah untuk menyarangkan bola ke gawang musuh serta bertahan supaya gawang supaya tidak kemasukan bola. 

4. Luxbacher 
Menurut Luxbacher (2008:2), pemahaman sepak bola ialah satu permainan yang ditandingkan di antara dua team, dimana semasing team terbagi dalam 11 orang serta dikerjakan lewat cara menjaga gawang serta berupaya membobol gawang musuh. 

5. Remmy Muchtar 
Menurut Remmy Muchtar (1992:27), pemahaman sepak bola ialah satu permainan yang dikerjakan lewat cara pemrosesan bola atau dalam pengelolahan gerak badan dalam permainan. 

Arah Permainan Sepak Bola 

Arah permainan sepak bola ialah untuk menyarangkan bola ke gawang musuh sebanyak-banyaknya hingga memenangi laga. Di bawah ini ialah beberapa arah yang ingin diraih dalam permainan sepak bola; 

  • Membuat gol ke gawang musuh. 
  • Menepis atau menahan bola supaya tidak masuk ke gawang sendiri. 
  • Membuat kerja sama team supaya permainan lebih kompak. 
  • Membuat serta jaga sportifitas antar pemain sepak bola serta membuat permainan yang adil. 
  • Tingkatkan kesehatan serta kesehatan badan. 
  • Mencapai prestasi di dunia olah raga, terutamanya sepak bola. 
  • Simak juga: Kesehatan Jasmani 

Riwayat Singkat Sepak Bola 

Menurut sejarahnya, olah raga ini sudah diketahui di Tiongkok semenjak era ke-2 serta ke-3 sebelum masehi, yakni pada saat pemerintahan Dinasti Han. Pada saat itu warga Tiongkok memakai bola kulit serta menyepaknya ke jaring kecil. 

Tidak hanya di Tiongkok, permainan sepak bola juga diketahui di beberapa negara yang lain, seperti Jepang, Yunani, serta Roma. Warga Jepang, Roma, serta Yunani di waktu itu lakukan permainan ini untuk bersenang-senang. 

Sepak bola kekinian diawali di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan basic hingga permainan ini makin popular. Walau olah raga ini sudah sempat dilarang sebab dipandang memiliki kandungan kekerasan, sepak bola nyatanya makin diketahui warga dunia. 

Sampai pada akhirnya pada tahun 1904, terbentuklah FIFA (Fédération Internationale de Football Association). FIFA ialah tubuh pengontrol internasional sepak bola yang dibangun pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. 

Sepak bola setelah itu jadi satu olah raga yang ditandingkan antar negara untuk merebutkan Piala Dunia. Mengenai laga Piala Dunia pertamakali diadakan pada tahun 1930 di Uruguay yang dimenangi oleh Uruguay. 

Tehnik Basic Sepak Bola 

Dalam lakukan olah raga ini, tiap pemain harus pahami serta dapat lakukan beberapa tehnik basic sepak bola. Merujuk pada pemahaman sepak bola diatas, di bawah ini ialah beberapa tehnik dasarnya: 

1. Tehnik Menendang Bola 
Tehnik menendang bola adalah unsur yang paling menguasai dalam permainan sepak bola. Mengenai beberapa tehnik menendang bola ialah seperti berikut; 

  • Menendang bola dengan kaki sisi dalam. 
  • Menendang bola dengan kaki sisi punggung. 
  • Menendang bola dengan kaki sisi luar. 

2. Tehnik Hentikan Bola 
Tehnik hentikan bola mempunyai tujuan untuk meredam atau hentikan pergerakan bola. Di bawah ini ialah cara-cara untuk hentikan bola; 

  • Hentikan bola dengan kaki sisi luar 
  • Hentikan bola dengan kaki sisi dalam 
  • Hentikan bola dengan kaki sisi punggung 
  • Hentikan bola dengan kaki sisi telapak 
  • Hentikan bola dengan kaki sisi paha 
  • Hentikan bola dengan dada atau perut 
  • Hentikan bola dengan kepala 

3. Tehnik Menggiring Bola 
Menggiring bola ialah usaha menggerakkan atau bawa bola mengarah tersendiri sekalian lari hingga bola bergulir di tanah serta masih dikuasai oleh pemain. Cara-cara yang bisa dikerjakan untuk menggiring bola ialah; 

  • Menggiring bola dengan kaki sisi dalam 
  • Menggiring bola dengan kaki sisi luar 
  • Menggiring bola dengan punggung kaki 
  • Menggiring bola dengan ke-2 kaki dengan berganti-gantian 

4. Tehnik Sundul Bola 
Tehnik sundul bola ialah pergerakan menggerakkan bola dengan menggunakan kepala yang dikerjakan saat bola sedang melayang-layang di udara. Maksudnya ialah untuk mendonrong bola mengarah yang diharapkan pemain. 

Ketentuan Sepak Bola 

Dalam lakukan olah raga sepak bola, diresmikan beberapa ketentuan yang perlu dipatuhi oleh seluruh pihak. Sesuai pemahaman sepak bola, beberapa ketentuan sepak bola ialah seperti berikut: 

1. Jumlahnya Pemain Sepak Bola 

Pada sebuah team sepak bola ada 11 pemain, dimana semasing pemain mempunyai tempat yang berlainan, yakni 1 kiper, 4 pemain bertahan, 2-5 pemain tengah, serta 1-3 striker. 

Semasing team mempunyai seseorang kapten yang bekerja pimpin rekanan segrupnya hingga bisa main sesuai dengan instruksi. Mengenai pekerjaan dari semasing tempat pemain sepak bola ialah: 

  • Kiper (keeper); bekerja jaga gawang supaya tidak kemasukan bola. 
  • Pemain bertahan (back); bekerja untuk menepis musuh supaya tidak masuk ke ruang pertahanan. 
  • Pemain tengah/ gelandang (midfielder); seringkali disebutkan dengan playmaker yang bekerja mengendalikan permainan teamnya dan menolong back serta penyerang. 
  • Pemain sayap (winger); pemain yang bekerja mengatur permainan di ruang kiri atau kanan lapangan. 
  • Striker (penyerang); pemain yang bekerja untuk menyarangkan bola (goal) ke gawang musuh. 

2. Ukuran Lapangan Sepak Bola 

Permainan sepak bola dikerjakan dalam suatu lapangan berumput. Di bagian bagian lapangan ada garis pembatas di antara sisi luar dan dalam lapangan. Tersebut standard lapangan sepak bola untuk orang dewasa; 

  • Panjang 100 – 120 mtr. 
  • Lebar 65 – 75 mtr. 
  • Lebar gawang 7,32 mtr. 
  • Tinggi gawang 2,44 mtr. 
  • Di seputar gawang ada ruang kotak finalti, yakni ruang dimana keeper bisa tangkap bola dengan tangannya serta adalah ruang sepakan finalti jika pemain bertahan lakukan pelanggaran pada musuh. 

3. Waktu Permainan Sepak Bola 

Menurut ketentuan sepak bola internasional, waktu permainan satu laga sepak bola ialah 2 x 45 menit (2 set). Tetapi, wasit yang pimpin laga bisa memberi penambahan waktu sesuai keperluan, yakni seputar 1-5 menit untuk tiap set. 

Untuk laga tersendiri, contohnya dengan skema gugur, jika sepanjang dua set laga ke-2 timb masih seimbang maka diresmikan penambahan waktu 2×15 menit. Bila dalam waktu perpanjangan itu masih seimbang maka dikerjakan beradu finalti sampai satu diantara team menang. 

Itu rincian singkat tentang pemahaman sepak bola, arah, riwayat, serta peraturannya dengan singkat. Mudah-mudahan artikel ini berguna serta meningkatkan wacana kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Dari Ilmu Kedokteran Di Dunia - Kakuda History

Sejarah Singkat Ac Milan - Kakuda History

Sejarah Keris Senjata Khas Dari Indonesia - Kakuda History