Sejarah E-Sport, Jadi Ini Awalnya - Kakuda History
Sejarah E-Sport, Jadi Ini Awalnya
Kakuda History - ESport yang sekarang jadi kejadian global, nyatanya berawal dari satu pertandingan yang diselenggarakan komune, serta cuma berhadiah majalah! Kejadian eSport belakangan ini mungkin dapat disebut sedang naik daun. Beberapa pengembang game seolah tidak ingin kalah, memakai eSport jadi satu diantara fasilitas jual semakin banyak produk bikinan mereka. Dari mulai Overwatch, yang punyai visi buat liga eSport di Amerika Serikat yang punyai mode seperti liga basket NBA. Lalu ada pula dari game yang baru launching belakangan ini, Injustice 2, langsung sediakan beberapa pertandingan untuk pemain yang serius main.
Tetapi tahukah kamu, dulu eSport tidak semegah seperti saat ini. Tidak ada pertandingan diadakan di stadion istimewa dengan monitor besar, tidak ada pertandingan dengan hadiah bermilyar-milyar dollar Amerika. Lalu, darimanakah eSport berawal? Inilah riwayat budaya eSport dari dulu sampai saat ini.
Bermula dari Pertandingan Komune di Tahun 1972
Pertama-tama budaya eSport berkembang ialah dari satu pertandingan game. Menariknya, pertandingan game ini bahkan juga telah ada lama, persisnya pada tahun 1972, pada saat yang mungkin saat itu computer masih jarang-jarang, tidak ada internet, serta belumlah ada banyak judul video game.
Saat itu pertandingan game diselenggarakan pada 19 Oktober 1972, diselenggarakan di Kampus Stanford saat itu beberapa murid diundang ke satu pertandingan yang diberinama jadi Intergalactic Spacewar Olympic, satu pertandingan untuk game bernama Spacewar. Janganlah bertanya masalah hadiah, pertandingan yang diketahui jadi pertandingan eSport pertama itu hanya berhadiah setahun berlangganan majalah Rolling Stone.
Sesudahnya satu demi satu pertandingan game lain juga banyak muncul. Tahun 1980, Atari mengadakan pertandingan Ruang Invader dengan 10.000 peserta! Paling besar di eranya. Bahkan juga saat itu, pertandingan game termasuk jadi kejadian, serta diangkat oleh majalah terkenal Amerika Serikat, Life serta Time.
Masuk Masa Pertandingan Online di Masa 90-an
Masuk ke masa 90-an, tehnologi internet mulai merebak di Amerka Serikat saat itu. Akhirnya, pertandingan game juga berkembang jadi kompetisi-kompetisi online, dan dengan organisasi yang punyai visi untuk jadikan pertandingan game jadi satu industri eSport.
Beberapa pertandingan besar di tahun 90an diantaranya ada Nintendo World Championship yang saat itu diadakan di Amerika Serikat. Lalu Nintendo meneruskan pertandingan itu di tahun 94 dengan acara yang dikenla jadi Nintendo PowerFest serta banyak pertandingan yang lain.
Pada tahun itu, memulai ada organisasi untuk mengendalikan liga eSport seperti Cyberathelee Professional League, QuakeCon, serta Professional Gamers League. Saat itu game yang dipertandingkan mulai bermacam, seperti game Quake, Counter Strike, serta Warcraft.
Saat eSport Jadi Kejadian Global di Tahun 2000an Sampai Sekarang
Masuk tahun 2000an, perubahan eSport jadi makin cepat. Satu diantara negara yang termasuk sangatlah terima budaya ini ialah Korea Selatan. Saat itu di Korea Selatan, game yang populer sebab eSport ialah Starcraft, hingga beberapa pemainnya dipuja-puja, seperti sesosok artis ibu kota.
Pada tahun itu, memulai terbentuk pertandingan serta organisasi eSport besar. Beberapa nama seperti World Cyber Games, Intel Extreme Masters, Major League Gaming, terbentuk pada tahun 2000an itu. Kejadian melihat orang main game juga ikut berkembang pada saat ini. Penyuplai layanan stream seperti Twitch serta Youtube makin menggerakkan beberapa gamers untuk melihat laga eSport dan melihat orang main game.
Hingga kemudian sekarang jadi eSport seperti yang sekarang ini kamu lihat. Pertandingan Dota 2 dengan hadiah berjuta-juta dollar Amerika, pertandingan League of Legends yang diurus dengan sangat profesional hingga kelihatan seperti berolahraga betulan, sampai berbagai game seolah tidak ingin kalah ingin ikut terjun jadi sisi dari budaya eSport itu.



Komentar
Posting Komentar